Cara Mengobati Diabetes Secara Tepat

09.00
Cara Mengobati Diabetes Secara Tepat - Ada beberapa cara mengobati diabetes secara alami tanpa obat yang dapat anda coba, cara tersebut menggunakan bahan alami yang tentunya aman tanpa memberikan efek samping. Sebelum ketopik utama mari kita ketahui terlebih dulu apa itu diabetes melitus atau kencing manis.

Diabetes merupakan gangguan metabolisme dalam tubuh kita. Pada orang normal, glukosa akan menjadi sumber utama bahan bakar bagi tubuh. Namun pada penderita diabetes, glukosa justru akan menumpuk dalam darah dan keluar dari tubuh bersama urin. Hal ini disebabkan karena hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas hanya sedikit atau bahkan tidak sama sekali. Padahal insulin ini sangat penting guna memindahkan glukosa dari darah menuju sel kemudian digunakan untuk pertumbuhan dan energi.

Cara Mengobati Diabetes Secara Tepat

Penyakit ini dapat disebabkan karena berbagai faktor termasuk gaya hidup. Beberapa faktor penyebab diabetes lainnya diantaranya yakni faktor keturunan, obesitas, pola makan, dan masih banyak lagi. Adapun gejala penyakit diabetes yakni seperti mudah haus, banyak kencing, berat badan menurun, penyembuhan luka yang lama, dan masih banyak lagi.


Cara Mengobati Diabetes

Tahukah anda bahwa diabetes merupakan penyakit mematikan ke 2 di dunia apabila tidak segera ditangani dengan serius. Untuk itu sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter sebelum diabetes semakin parah. Anda juga dapat mencoba beberapacara mengobati diabetes yang memang sudah banyak dibuktikan orang. Langsung saja berikut ini beberapa cara alami mengobati diabetes tersebut.
  • Mengonsumsi sayur buncis
Dalam buncis terdapat kandungan zat yang mampu meningkatkan insulin dalam tubuh kita sehingga dapat mengembalikan kadar gula darah menjadi normal.
  • Dengan daun salam
Daun yang kerap dicampurkan kedalam masakan ini dapat anda gunakan sebagai obat diabetes alami. Caranya yakni dengan merebus 7 s/d 15 lembar daun kedalam 3 gelas air sampai mendidih. Setelah mendidih diamkan sampai air rebusan hanya tersisa 1 gelas saja. Setelah itu dinginkan kemudian remas dan saring. Ambil air rebusan tersebut kemudian minumlah selagi hangat. Anda dapat menerapkan cara ini 2 kali dalam sehari.
  • Daun kemangi
Daun yang sering dijadikan lalapan ini juga dapat mengobati diabetes. Apabila anda ingin mencobanya cukup dengan mengonsumsi daun kemangi secara rutin, bisa dijadikan lalapan maupun sambal.
  • Bawang putih
Bawang putih sudah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh kita. Untuk itu tidak ada salahnya mengonsumsi bawang putih secara rutin guna mengobati diabetes yang anda derita.
  • Buah mengkudu
Anda dapat melumatkan buah mengkudu yang sudah matang kemudian memeras airnya untuk dikonsumsi. Sari buah mengkudu ini dapat memperbaiki sel-sel penghasil insulin yang dapat mengontrol glukosa dalam tubuh kita.

  • Modifikasi gaya hidup
Mulai sekarang modifikasi gaya hidup anda, mulai dari pola makan. Kurangi mengonsumsi makanan berkarbohidrat (ganti nasi dengan kentang atau nasi merah). Hindari makanan yang digoreng dan ganti dengan makanan yang direbus karena lebih sehat dan bebas lemak. Kurangi makanan yang dijual dalam plastik serta kue-kue. Selain pola makan sebaiknya imbangi juga dengan olahraga ringan-sedang selama 30-45 menit. Anda dapat berjalan disekitar rumah ataupun olahraga lainnya.
  • Melakukan suntik insulin
Suntik insulin ini biasanya diperuntukkan untuk diabetes tipe 1 guna memberikan supplai insulin karena pankreas tidak dapat memproduksi insulin. Cara ini dapat anda lakukan apabila dokter menyarankannya.

Demikian beberapa cara mengobati diabetes atau kencing manis yang dapat anda coba. Perlu diketahui bahwa pengobatan diabetes memerlukan jangka panjang, itulah sebabnya tidak ada kata “sembuh” untuk penyakit diabetes dan hanya mengenal kata “terkontrol”. Semoga sedikit ulasan kali ini dapat bermanfaat.

Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

thanks y mbak. untuk infonya. .semoga bermanfaat. .

Balas